Proses Cetak Sablon DTG

Proses pendekorasian kaos atau T-Shirt dengan menggunakan peyablonan teknik sablon DTG merupakan teknik terbaik yang ada saat ini. DTG adalah singkatan dari direct to garment yang menggambarkan proses penyablonan itu sendiri. Proses penyablonan ini mencetak gambar dan warna dari tinta khusus garmen langsung kepada garmen bahan toko tersebut.

Pencetakan gambar dan warna tersebut dilakukan dengan menggunakan alat yang sudah tak asing lagi untuk kita. Teknik sablon DTG menggunakan printer khusus garmen yang memiliki slot cartridge tinta khusus garmen. Jika anda tidak memiliki gambaran dari printer DTG tersebut, tak apa, karena memang banyak orang belum familiar dengan teknik canggih ini.

contoh hasil sablon dtgPrinter DTG yang dilakukan untuk membuat sablon DTG tak ubahnya merupakan printer inkjet yang merupakan jenis printer yang menggunakan tinta untuk mencetak gambar atau tulisan. Printer yang digunakan untuk mencetak langsung ke atas kain ini tidak seperti printer inkjet seperti biasanya. Printer tersebut merupakan printer khusus yang dapat dimasukkan kaos ke dalamnya. Printer tersebut memastikan anda bahwa proses penyablonan tidak memakan biaya yang besar seperti penyablonan dengan teknik digital di mana anda perlu membeli printer juga, tetapi masih memerlukan media transfer paper yang mahal dan berukuran agak kecil. Penyablonan dengan teknik direct to garment ini hanya membutuhkan printer dan tinta saja, dan itu merupakan investasi yang kecil dibandingkan keuntungan yang bisa anda dapat dari hasil sablonan tersebut, meski memang printer DTG harganya cukup mahal.

Kehebatan dari proses penyablonan dengan printer direct to garment tersebut adalah bahwa anda bisa mencetak atau menyablon kaos dalam waktu yang sangat singkat dan sumber daya yang sangat kecil. Anda jadi bisa melakukan penyablonan satuan atau dalam jumlah kecil dengan biaya yang sangat hemat, bandingkan dengan kedua jenis teknik penyablonan lainnya yang membutuhkan banyak biaya, tenaga atau waktu. Soal waktu penyelesaian sebuah sablonan, proses pencetakan dengan printer direct to garment sangatlah cepat. Anda bisa menyelesaikan sebuah sablonan hanya dengan menghabiskan waktu 10 menit dan tenaga yang minimal. Anda hanya perlu memasukkan kaos ke dalam printer dan melakukan pencetakan hanya dengan duduk manis dan menggerakkan tangan anda sedikit saja. Berbeda dengan proses lain di mana anda harus melakukan pengepresan, penyiapan plat, menunggu sablonan hingga kering dan lain-lain.

Proses DTG pun memiliki kebebasan kreasi yang sama dengan proses penyablonan lainnya. Anda bisa memasukkan desain penyablonan ke dalam komputer dan lalu mencetaknya seperti ketika anda berusaha mencetak sebuah dokumen. Jadi jika anda memiliki usaha sablon, paling baik anda melakukan investasi dengan membeli printer DTG tadi. Jika anda merupakan orang yang ingin menyablonkan baju ke penyedia jasa sablon, tentunya paling baik anda menyerahkannya kepada perusahaan yang memiliki printer DTG untuk hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih cepat.

Comments are closed.