Mengenal Berbagai Jenis Bahan Kaos

Kaos merupakan pakaian yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Tingkat kenyamanan menjadi salah satu alasan mengapa jenis bahan kaos menjadi pilihan pakaian masyarakat kebanyakan terutama di negara Indonesia ini. Bahan bahan dari kaos sendiri ada berbagai macam. Mau tahu apa saja bahan kaos itu? Simak ulasannya berikut ini.

jenis benang kaosKatun

Jenis bahan kaos yang satu ini yaitu katun combed dibuat dengan 100% dari serat kapas yang alami. Bahan katun combed memiliki karakter tekstur yang dingin, halus, nyaman serta mampu menyerap keringat sehingga membuat siapa pun yang memakainya merasa nyaman. Selain itu, jenis kain combed memiliki jenis serat benang yang lebih rata dan juga halus sehingga orang yang menggunakannya akan terlihat lebih rapi. Di pasaran sendiri ada beberapa jenis kain katun combed berdasarkan jenis benang yang dipakai untuk membuat bahan katun tersebut. Jenis jenisnya antara lain adalah kain 20s yang tebal kemudian lebih tipis di jenis kain 30s. Kaos katun 20s merupakan kaos yang banyak dijual di distro karena harganya yang murah dan nyaman untuk digunakan.

Cardet

Berbeda dengan kain katun combed, kain cardet dibuat dari serat benang yang memiliki tingkat kehalusan yang kurang. Jenis kain cardet merupakan jenis kain KW1 dari kain katun combed. Karakternya juga tidak sama bagusnya dengan kain katun combed. Kain cadet lebih kasar dan juga kurang rata, harganya juga relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan jenis bahan kain cardet. Bahan kain jenis ini biasa digunakan untuk kain yang akan di pasarkan di kawasan pasar kelas menengah seperti misalnya kaos untuk karyawan pabrik, kaos oblong untuk olah raga maupun untuk seragam buruh.

Polyester serta PE

Polyester merupakan bahan yang dibuat dari serat sintetis yaitu bahan ester. Bahan ini merupakan hasil lain dari minyak bumi yang dibuat menjadi suatu bahan yaitu serat fiberpoly. Apabila dibandingkan dengan kain katun, jenis bahan kaos ini memiliki karakter yang lebih kasar, lebih tipis dan juga tidak dapat menyerap keringat sehingga ketika dipakai akan terasa panas.

Kain Teteron

Kain teteron atau teteron cotton merupakan bahan yang dibuat dari hasil gabungan antara bahan katun dan juga polyester. Bahan ini terdiri dari campuran cotton combed 35% dan juga polyester 65%. Seperti juga polyester, teteron cotton kurang dapat berguna untuk menyerap keringat. Namun, bahan jenis ini tidak mudah menjadi kusut selain juga tidak gampang untuk melar walaupun telah lama dalam masa pemakaian.

Viscose

Jenis bahan kaos yang lain adalah kain viscose. Bahan yang juga disebut dengan nama rayon ini merupakan bahan yang dibuat dari serat hasil sintesis selulosa organic yang dibuat oleh manusia. Tekstur yang didapatkan sama dengan tekstur dari kapas. Serta viscose ditambahkan pada serat sintesis agar dapat menambahkan kenyamanan.

Comments are closed.