Cara Sablon Kaos Yang Mudah, Sederhana Dan Cepat

Berwirausaha sangat didambakan. Kita tidak perlu lagi pergi ke kantor karena kitalah rajanya. Ada bermacam-macam usaha bisa kita bidik. Salah satunya memproduksi pakaian. Tentunya kita akan bertemu dengan kendala dan tantangan masing-masing. Pada sektor ini, kita dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang cara sablon kaos. Dengan modal yang terbatas, kita pastinya memilih mengerjakan pesanan dengan cara yang paling sederhana. Teknik yang paling sederhana memang diperuntukkan bagi pemula. Tapi jangan khawatir dengan baju buatan kita. Walau dengan teknik yang sederhana, hasilnya baik bila kita teliti dalam setiap titik pengerjaan.

cara sablon kaos manual

Bahan Dan Alat Yang Dibutuhkan

Pijakan awal pada setiap aktifitas adalah persiapan. Tentu untuk menyediakan alat dan bahan, kita perlu merogoh kocek untuk inventaris. Buatlah daftar belanja pertama sebagai panduan untuk melengkapi cara sablon kaos sederhana. Daftar yang harus kita beli antara lain: kaos polos sebagai dasar, tripleks yang disesuaikan dengan ukuran kaos, screen gambar, rakel yang terintegrasi pada handle, tinta khusus sablon, plastik, penutup (dapat menggunakan lakban) dan lap basah untuk membersihkan percikan tinta. Perkakas tersebut cukup untuk penyablonan sederhana.

Proses Penyablonan

Potongan tripleks yang kita sediakan berfungsi sebagai pembatas antara bagian depan kaos dengan bagian belakang. Maka, dalam proses penyablonan, tripleks diletakkan di dalam kaos. Papan ini juga membantu menambatkan kaos agar tidak tergeser. Selanjutnya letakkan screen diatas kaos dan jangan lupa untuk mengatur posisi gambar agar sisi kiri dan kanan kaos sama rata. Jika lebih dari satu warna, maka tutupi desain yang lain dengan lakban atau plastik sehingga tidak tembus ketika disablon. Alirkan tinta dari arah atas. Lalu, dengan satu tarikan saja, tariklah cat dengan arah ke bagian bawah dengan rakel. Usahakan menekan dengan kekuatan yang sama. Proses penyablonan sebenarnya telah selesai. Hanya tinggal melakukan beberapa langkah sebagai finishing. Angkatlah screen secara perlahan lalu keringkan. Bila kita menginginkan multiwarna, proses berikutnya adalah mencetak warna yang kedua.

Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu rangka yang tadi kita pakai untuk mencetak warna yang pertama. Sediakan gambar berikutnya. Agar tidak menggores pada bagian lain, tutuplah dengan plastik lalu perkuat dengan lakban. Letakkan objek kaos yang akan dieksekusi. Guna mendapat hasil yang optimal, peletakkan screen harus teliti agar tepat. Berikutnya, kita hanya perlu mengulangi langkah seperti pada langkah kedua dan seterusnya. Selesailah sudah penyablonan. Singkat dan mudah untuk kita kerjakan. Hanya perlu kita ingat dalam cara sablon kaos ini adalah ketelitian dalam meletakkan screen. Juga, saat telat selesai, pastikan gambar atau tulisan sablon telah benar-benar kering. Setelah itu, baru dapat dilipat dan dikirim kepada pelanggan. Jangan lupa, bersihkan semua perkakas agar tidak mengganggu penyablonan yang akan datang.

Comments are closed.