6 Macam Tinta Sablon Manual Dalam Dunia Konveksi

Di dalam dunia konveksi, penyablonan ialah tahap yang penting. Desain gambar dan tulisan yang dihasilkan bisa menjadi daya tarik tersendiri saat ditawarkan kepada konsumen. Sablon sendiri didefinisikan sebagai suatu kegiatan menyematkan cairan tinta pada permukaan bahan. Produk akhir dari penyablonan sangat dipengaruhi oleh teknik dan jenis tinta. Banyak sekali jenis tinta sablon manual yang beredar dipasaran. Di bawah ini beberapa macam yang biasa digunakan.

sablon separasiTinta Transparant

Biasanya digunakan untuk sablon separasi atau sablon tumpuk 3 – 4 warna yang dikarenakan sifat sablonnya yang transparan dan juga sablon ini sangat dipengaruhi oleh warna yang ada dibawahnya.

Tinta Rubber

Tinta jenis ini yang paling banyak digunakan, karena sifatnya yang menempel dan menutupi rajutan kain dan bisa digunakan untuk kaos yang berwarna gelap atau yang berwarna terang. Campuran khusus akan digunakan jika bahan kain yang melar, supaya cat dapat mengikuti kelenturan kain dan awet.

Tinta Medium

Jenis tinta medium dapat diaplikasikan pada permukaan textile. Mayoritas digunakan pada bahan kaos. Namun, karena sifatnya yang bening, tidak memungkinkan untuk mengaplikasikan tinta sablon kaos manual jenis ini pada warna kain yang gelap. Keuntungan menggunakan ini yaitu tekstur yang dihasilkan halus. Tekstur halus itu diakibatkan oleh sifat dasar bahannya yang dapat masuk ke pori-pori textile. Mengaplikasikan tinta ini biasanya menggunakan teknik tumpuk.

Tinta Timbul

Sama seperti namanya, tinta ini ialah tinta khusus untuk menimbulkan efek menonjol pada kain yang digunakan sebagai dasar penyablonan. Ciri-cirinya yaitu jika bersentuhan dengan press yang panas, bahan ini akan mengembang. Tinta ini juga familiar dengan sebutan tinta foaming.

Tinta Metalic

ada dua jenis warna yang membutuhkan tinta ini yaitu perak dan emas. Gambaran yang dibutuhkan untuk memperoleh dua warna spesial ini adalah kilauan. Dua bahan dasar diperlukan guna menghasilkan kilauan yang pas yaitu serbuk metalic dan binder metalic. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Para ahli menyarankan untuk memadukan dua bahan itu hanya saat siap menyablon. Mencampur dan menyimpan dalam waktu lama akan merusak warna dan merubahnya menjadi gelap.

Tinta Glow In The Dark

Di dalam kegelapan, tinta ini akan mengeluarkan cahaya. Bahan dasar tinta jenis ini yaitu extender ataupun transparant dipadu dengan zat fosfor yang mempunyai kemampuan menyimpan cahaya dan di saat gelap dapat mengeluarkan simpanan cahaya itu. Pancaran cahaya yang dihasilkan bertahan dalam waktu yang terbatas tergantung seberapa besar cahaya yang disimpan. Menggunakan tinta ini di permukaan kain warna terang akan sangat efektif hasilnya. Untuk kain warna gelap, harus didasari warna terang. Beberapa jenis tinta sablon manual tersebut ialah yang sering diaplikasikan. Produk akhir yang terbaik dapat dibuat dengan tinta yang sesuai dengan kebutuhan.

Comments are closed.